Kampung Halamanku

Posted: Agustus 29, 2012 in _by_ jagow007_

Pulau Lombok yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat menawarkan panorama sangat mengesankan dan memiliki nilai keindahan alamnya yang tidak kalah dengan tempat tempat pariwisata di tempat lainnya.Pulau Lombok merupakan tempat yang menarik dan memiliki banyak aktivitas wisata yang sangat pas untuk berjemur, berlayar, berselancar, memancing, aktivitas bawah laut yang menantang, berpetualang di gunung, ataupun olahraga golf berstandar internasional.

Pulau Lombok merupakan sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih bulat bentuknya dengan semacam “ekor” di sisi barat daya,pulau ini sedikit lebih kecil daripada Bali. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram, sekaligus sebagai ibukota provinsi.

Pulau ini didominasi oleh gunung berapi Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya yang ketiga tertinggi di Indonesia. Gunung ini terakhir meletus pada bulan Juni-Juli 1994, setelah meletus Gunung berapi memiliki anak yang diberi nama Baru Jari dalam bahasa sasak oleh masyarakat sekitar yang artinya baru jadi. Pada tahun 1997 kawasan gunung dan danau Segara Anak ditengahnya dinyatakan dilindungi oleh pemerintah. Daerah selatan pulau ini sebagian besar terdiri atas tanah subur yang dimanfaatkan untuk pertanian, komoditas yang biasanya ditanam di daerah ini antara lain jagung, padi, kopi, tembakau dan kapas.

Makanan khas orang lombok adalah pelecing kangkung, nama pulaunya saja Lombok sudah jelas orang-orangnya suka yang pedas-pedas  :)  :) 🙂 .  Jika anda datang ke Lombok terus belum makan pelecing, maka anda belum ke Lombok namanya.. hihihi

Pulau lumbok terkenal juga dengan wisata baharinya, contohnya senggigi beach, gili kondo, gil terawangan, gili bidara dll. berikut sekilas gambar tentang beach nya gan (Y) (Y)
Sekitar 80% penduduk pulau ini adalah suku Sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. Meskipun sebagian besar memeluk agama Islam, budaya dan tradisinya bisa dikatakan hampir sama dengan budaya orang Bali, contoh: gendang belek (musik dan tarian yang ritme nya seperti yang biasa digunakan oleh orang Bali. Sisa penduduk adalah orang Bali, Jawa, Tionghoa dan Arab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s